Paspor di pending karena syarat opsional?


Sebelum melakukan sesuatu, mengambil sebuah keputusan, pernahkah kau bertanya alasannya - - mengapa kau harus melakukannya, mengambil keputusan tersebut?

Jujur, saya terkadang tidak. Ini bisa benar bisa juga salah, tergantung bagaimana cara kita melihatnya.

Seperti hari ini, yah, sebetulnya saya sudah pernah memikirkannya sekalipun tidak begitu lama dan dalam kalau saya ingin membuat paspor.

Kamu membuatnya hanya karena ingin? Oh, dangkal sekali. Tapi, kali ini keadaannya memang seperti itu. Setelah membaca beberapa tulisan, mendengar cerita beberapa teman, keinginan membuat paspor terbit begitu saja.

Ingin karena saya berharap dengan adanya paspor, saya bisa bepergian. Bisa ke tempat-tempat nun jauh di sana yang sudah lama menghuni kepala saya yang sibuk.

Alhamdulillah, setelah menunggu kurang lebih sembilan jam, status pengajuan paspor saya pending.

Ingin bertanya kenapa bisa? Apa yang mustahil di negeri ini, hampir tidak ada kawan.

Saya diminta kembali esok pagi oleh petugas yang harus masuk dan bertanya dulu ke dalam dengan seseorang yang dipanggilnya 'ibu' setelah saya menanyakan sebuah pertanyaan biasa.

"Saya pengin bikin paspor yang 24, bisa kan mbak? "

Saya bertanya begitu karena di formulir yang saya isi, tersedia pilihan 24 juga 48 hal yang berarti kita bebas menentukan mau membuat yang mana dari keduanya.

Petugas perempuan yang melayani saya seakan terkejut, tidak percaya dan berkata pada saya dengan nama yang cukup mengintimidasi.

"Yakin mau bikin yang 24 hal? Ke beberapa negara dan Arab nanti sulit masuk, lho."

"Ada yang bisa masuk, kan?" Tanya saya.

Petugas itu tidak menjawab tapi kembali mengatakan yang intinya paspor 24 hal akan menyulitkan saya jika bepergian ke beberapa negara.

Petugas kemudian menanyakan kemana saya akan pergi, dengan siapa, dari kantor atau sendiri dan berakhir dengan meminta saya kembali lagi esok pagi setelah membawa surat persetujuan dari orang tua.

Saya mengantri dari pagi di Imigrasi kelas I Jakarta Timur dan diminta kembali lagi setelah syarat opsional saya dapatkan.

Komentar

Postingan Populer