Jangan Sembarang Main Gadget di 13 Tempat Ini

 Saya tidak tahu seberapa penting menengok gadget dibanding menjaga keselamatan kita di jalan. Pemandangan orang-orang sibuk dengan gadget di jalan seakan sudah jadi sesuatu yang kita mahfumi dan oleh karenanya kita terkadang suka meremehkan akibat yang bisa timbul karenanya.

Saya sendiri kadang masih suka buka gadget kalau memang dirasa perlu di tempat-tempat terbuka, seperti misal ketika sedang jalan atau di dalam kendaraan umum. Inipun lihat-lihat situasi juga karena saya suka merasa horor sendiri kalau buka hp waktu lagi melewati jalan yang lumayan sepi atau bukan jalan yang terlalu umum sehingga jarang dilalui orang.

Ada baiknya kita tidak menjadikan ini sebagai sebuah kebiasaan karena dampak atau efek yang ditimbulkan tidak main-main. Kalau sekadar nabrak orang atau kejedot tiang mungkin masih bisa kita anggap biasa, tapi kalau lebih dari itu, bagaimana? Naudzubillahimindzalik. Semoga tidak menimpa kita ya, aamiin insyaAlloh.

Berikut, bisa dipertimbangkan untuk disimpan dulu gadgetnya atau ditunda penggunaannya (kecuali urgent) jika sedang berada di situasi/tempat-tempat di bawah ini:
  1. Di atas kendaraan baik pribadi maupun umum  
  2. Di tempat terbuka baik ramai apalagi sepi
  3. Di kamar mandi
  4. Sebelum dan sesudah bangun tidur
  5. Saat memasak
  6. Saat bersama keluarga/kolega/sahabat dll
  7. Saat meeting 
  8. Saat di pom bensin
  9. Saat makan
  10. Saat menulis (godaan maha berat yes)
  11. Di tempat kerja
  12. Di kajian ilmu
  13. Di eskalator
Mungkin ada yang ingin ditambahkan, mangga atuh bu ibu. Sekalian sharing siapa tahu ada yang ingin dibagi menyangkut persoalan ini yang mudah-mudahan bisa dijadikan pelajaran bagi kita semua :)


Komentar

Postingan Populer