Yuk Kenali Minyak Goreng yang Baik

Pernah dengar kalimat 'yang enak-enak belum tentu baik dan bagus untuk kesehatan'? pasti pernah ya bu ibu, ada yang rutin dengar malah kali, ya. Kalau saya sih setuju. Yang enak itu biasanya memang tidak selamanya baik untuk kesehatan. Malah cenderung buruk. Tapi kenapa justru yang buruk-buruk itu ya yang sering memanggil, melambai-lambaikan tangannya pada kita seakan minta banget untuk disantap?

Dilema, indeed. Saya sendiri sedang mencanangkan mengurangi makanan yang digoreng dan kalau bisa diusahakan untuk mengkombinasikan dengan mengkonsumsi makanan yang direbus gitu. Pokoknya sebisa mungkin dikurangi makanan yang mengandung umpan, eh minyak deh. Itu sih baru rencana ya, bu ibu. Prakteknya wallahua'lam. Hehe. InsyaAlloh bisa kok selama ada keinginan dan kemauan yang kuat, yes? actually nggak gitu masalah juga selama kita bisa mengontrol dan nggak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang berminyak.

Penting banget buat kita nih bu ibu untuk menjaga pola makan seimbang dengan menjaga asupan hanya pada yang bergizi, ingat, bukan yang enak saja ya fokusnya. Hihi. Karena gizi yang baik merupakan koentji untuk menciptakan generasi yang cerdas. Ini salah satu faktor saja sih, menurut saya dari sekian faktor yang ada.

Dan bu ibu tahu tidak apa saja dampak yang bisa timbul dari kekurangan gizi? terlebih pada awal kehidupan ini bisa memberikan pengaruh pada kualitas SDM lho. Hal ini diungkap Dr.Entos Zainal, DCN, SP, MPHM yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Persatuan Ahli Gizi (Persagi) di Simposium Hari Gizi yang diselenggarakan Sunco (http://www.minyakgorengsunco.com), bahwa kekurangan gizi bisa menjadi penyebab seorang anak gagal tumbuh, berat lahir rendah, kecil, pendek dan kurus.


Juga bisa menjadi penyebab terjadinya hambatan pada perkembangan kognitif anak yaitu nilai sekolah dan keberhasilan pendidikan, menurunkan produktivitas pada usia dewasa dan menyebabkan gangguan metabolik pada usia dewasa.

Sementara gizi ini memberikan pengaruh (makro) pada perkembangan otak, yaitu:
  1. Pengaruh terhadap struktur anatomi otak yang mempengaruhi sel-sel syaraf dan sel-sel pendukung (sel glia).
  2. Pengaruh terhadap kimia otak
  3. Pengaruh terhadap fisiologi otak
Yang perlu diperhatikan juga adalah kapan saja sih masa emas bagi kita untuk memberikan makanan dengan gizi yang baik dan seimbang pada buah hati kita. Karena nantinya hal ini akan berdampak pada pertumbuhan dan juga perkembangan anak kita.

Mengenai makanan yang mengandung minyak sendiri sebetulnya diperlukan untuk meningkatkan jumlah energi, membantu penyerapan vitamin A,D,E, dan K serta tentu saja membuat makanan menjadi lebih lezat. Yang berbahaya itu kalau kita menggunakan minyak yang sama berulang-ulang sekalipun warnanya sudah berubah diakibatkan oleh sisa makanan. Ini jangan dilakukan ya bu ibu. Usahakan untuk langsung mengganti dengan yang baru jika kondisi minyak sudah berubah warna.

Sebisa mungkin hindari penggunaan suhu yang terlalu panas ketika memasak karena dapat membentuk radikal bebas yang merugikan kesehatan dan merusak kandungan vitamin dalam minyak goreng. Kita harus jeli nih bu ibu untuk hanya memakai minyak goreng dengan kualitas yang baik, karena kita harus menjaga betul kandungan lemak yang masuk ke dalam tubuh.


Kelebihan lemak sendiri menjadi penyebab obesitas dan penyakit degeneratif, seperti kanker, penumpukan lemak di hati, dan jantung koroner. Kenapa harus memilih minyak goreng yang baik karena minyak goreng itu merupakan salah satu sumber lemak. Yang paling mudah dilakukan waktu kita memilih minyak goreng dengan kualitas yang baik adalah berwarna bening, memiliki tingkat kekentalan yang menyerupai air (lebih encer), tidak mudah beku, dikit nempel di makanan (seperti Sunco minyak goreng baik), atau kita bisa melakukan tes organoleptic yaitu dengan cara mengecap sejumlah minyak goreng (kira-kira 1 sendok).

Jika tanpa ada rasa atau rasanya seperti air, itu menunjukkan salah satu pertanda minyak goreng tersebut minyak goreng yang baik. Jadi, jangan cuma karena murah kita mengabaikan kesehatan seluruh keluarga ya. 

Bagi yang penasaran seperti apa sih minyak goreng baik yang dikit nempel di makanan, silakan kunjungi www.resepsehat.com atau langsung saja ke website Sunco yang sudah saya tulis di atas.


Komentar

  1. Yang ada di otak gw kalo nyebut minyak goreng, pasti ada 2 yaitu bimolo dan filma karena itu yg di pake nyokap gw dulu.
    Tapi sekarang banyak banget merk minya goreng yg bikin gw puyeng hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha. Too much will kill yes alias lieur. Mimpi apa nih dikunjungi blogger kece Cumilebay MazToro. Makasih ya sudah berkunjung.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer