5 Tempat Kuliner di Timur Jakarta yang Harus Kamu Datangi


Buat yang lagi main,  sekadar lewat, ada perlu atau lagi menapaktilasi jejak kenangan di Timur Jakarta dan kelaparan pas di jalan bisa mampir dan merasakan makanan yang akan saya bahas di bawah nanti.

Lokasinya tersebar gitu, dan nggak gitu sulit dicapai kok mengingat tempatnya persis di depan jalan. Nggak terlalu remote atau nyempil ke dalam. Jadi kemungkinan untuk nyasar apalagi nggak sampai ke tempat-tempat ini kecil kemungkinannya kecuali kalau kalian pulang dulu ke rumah.

Yaiyalah.

*ditimpuk pembaca dan pengunjung blog setia*

Tapi sebelumnya nih, saya mau tanya dulu kalian itu tipe yang kalau ngidam satu makanan, minuman atau apapun itu harus langsung segera sesingkat mungkin diwujudkan nggak sik? Karena kalau iya kita berada di pihak yang sama.

Yeah. I can feel you, sist. Dengan catatan kondisi kantong memungkinkan.

Ok. Mari kita mulai.

1. Bubur Ayam
    Barusan banget saya baru selesai makan bubur ayam. Bubur ayam 88 ini kayaknya udah trademark enak, deh dan nama yang sama bisa kita jumpa dengan cukup mudah dimana- mana.
    Saya sik nggak tahu apa bubur 88 buka cabang dimana-mana tapi yang pasti selain abang-abang bubur keliling, bubur 88 gue rekomendasiin buat yang mau kulineran berat tapi ringan.
    Bubur 88 ini terletak nggak jauh dari gerbang komplek pik, cakung Jakarta Timur dan seberangnya ada minimarket yg berlogo merah itu.
   Harga standar 7 ribu tanpa tambahan sate dan teman-temannya. Tapi, harga boleh standar, tapi rasa boleh diadu. Bahkan sama buryam hotel legendaris itu enakkan buryam yang ini.

2. Martabak
    Kalau di Bandung ada Markobar, di Timur sini ada Tops Bandung yang kalau mau beli harus setia stok sabar karena antri berkepanjangan, cyin. Kalau nggak mau antri, coba datang lebih awal.
    Kalau bisa pas dia belum buka kamu udah nenda dulu gitu jadi pas masnya buka rolling kali aja kamu dikasih diskon sama doi.
    Meski gak bisa pesan 8/10 topping, kamu tetap bisa merasakan sensasi isian martabak yang lumer dan menggoyang lidah karena martabak yang satu ini lembut dan menyatu banget sama isinya.
    Jadi pas dimakan gak misah-misah gitu kecuali kamu makannya dipisahin antara isi sama lembaran martabaknya.
    Posisinya dekat gang sekolah attahiriyah dan udah buka mulai jam 3/4. Menyoal harga, agak lebih mahal dari langganan saya di depan walikota Jaktim tapi worth it banget sama rasanya.
   Yang menyenangkan dia punya banyak varian martabak manis dengan range harga start 30 ribu untuk yang sedang. Yang mini 15-20 ribuaan.

3. Soto ayam
    Kalau yang ini, ada beberapa tempat yang menurut gue juara rasanya. Yang pertama itu di dekat kantor Majalah SWA di yang di taman sana.
    Kalau saya dan teman-teman menjulukinya dengan soto mahal karena memang harganya baru terasa mahal kala beli soto pas pertengahan bulan. Apalagi akhir. Duh, mak. Ampun.
   Tapi, yang namanya ngidam sik saya belain beli meski besoknya kudu puasa beberapa hari.
   Segitunya? Iya. Segitu. *dilarang protes*
   Memang harganya berapa sik, sist sampai dapat julukan soto mahal? Harga seporsinya itu 20ribu. Itu terakhir kali saya belain sekitar setahun yang lalu.
    Nah, yang kedua ini ada di locale cafe di Rawamangun. Selain tempat yang cozy dan instagramable, soto disini mantep banget sist rasanya. Sambaladonya apalagi, beuh, jangan ditanya. Kalau saya bisa minta lebihan buat dibawa pulang bakalan saya minta.
    Range harga 20ribuan belum termasuk minum dan pajak. Yang banyak datang itu mulai dari keluarga, sama pasangan, selingkuhan, calon gebetan sampai ehem, jomblo.

4. Mi ayam
    Buat yang suka mi-mian kayak kang felix siauw, silakan mampir dan merasakan kenikmatan mi ayam depan gramedia matraman karena rasanya te o pe be ge te.
   Mi yang kuning dan besarnya pas di mulut ini bakal mencubit lidah kamu setelah disiram kuah di atasnya.
   Brrr, segar, cyin. Cocok dimakan di segala suasana. Apalagi pas lagi makan sama si dia, pas di kantong, lidah, dan hati. Yang agak problem sik paling lokasinya karena dia persis banget di pinggir jalan gitu.
   Kalau saya sik nggak masalah makan di pinggir jalan bareng debu dan knalpot kendaraan. Asal jangan makan sama mantan yang bawa calon gebetannya aja.

5. Gorengan
    Kalau dari tadi makanan berat terus, sekali-'sekali saya mau rekomendasiin gorengan yang bukan cuma enak, tapi juga murah.
    Bisa dibilang gorengan ini gorengan paling berkualitas yang pernah saya makan karena isian dan ukurannya benar-benar sempurna. Nggak nipu kayak gorengan di abang-abang yang udah kecil, mahal, keras  banyakkan tepung dibanding isiannya (bakwan dan tahu). Belum lagi proses menggorengnya yang kurang higienis.
    Tapi, kalau gorengan di ibu-ibu ini, dijamin bukan cuma rasa tapi juga terjaga kualitasn dan kebersihannya.
    Harga satuannya itu seribu dengan sayuran yang komplit dan ukuran yang jauh lebih besar dari yang biasa.
    Nah kalau lokasinya agak masuk ke dalam gitu, di daerah rawabadung sana dekat dengan SMA saya dulu. Kalau pas lewat dan bingung mau kesini, kasih tahu saja aja, ya. I'll be your guided pleasantly.

Itu tadi 5 tempat kuliner di Timur Jakarta yang wajib kamu datangi jika sedang berada di sekitaran sini. Kalau kamu, ada yang udah pernah makan di salah satu tempat yang saya rekomendasikan di atas?

Komentar

  1. tempat yang kelima, lagi saya hindari mbak hehehe
    sedang mengurangi gorengan
    ulasannya keren
    salam sehat selalu aminn

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih :)

      saya malah sulit, mas. menghindari gorengan hanya sampai pada tahap wacana saja :(

      makasih sudah menyempatkan mampir, mas agung han.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer