7 Do's dan Don't di Ruang Publik

Gaes, sudah lama juga nih nggak update blog. Sekalinya update adik mau ngasih kabar gembira kalau adik bentar lagi...

*hilang sinyal*

Ya, gitu deh. Maklum, adik tinggalnya di daerah yang kayaknya nggak ada di peta dan abang ojek online suka nyasar begitu disebut alamat ini. Nggak jarang banyak abang ojek online yang ngibar-ngibar bendera putih pas diminta nganter atau jemput ke alamat ini. Makanya kalau ada abang ojek online yang sukses nyampe sini tanpa tanya kanan kiri kalau cowok sudah pasti akan adik jadikan kakak. Bukan kakak ketemu gede, ya atau malah kakak-kakakkan karena saya sudah punya kakak, kok. Tapi perempuan. Kepengin saja gitu merasakan gimana punya kakak cowok.

Ok.

Skip.

Skip.

Buat yang suka traveling, apalagi ke tempat-tempat yang nggak biasa mungkin sudah mahfum diketahui kalau ada hal-hal terlarang yang nggak bisa kita lakukan selama berada di sebuah tempat di suatu negara. Kayak misalnya di Bhutan, siap-siap saja buat puasa merokok kalau masuk ke negara yang sering disebut juga negeri naga guntur ini. Atau buat food traveler, pasti paham betul minimal tahulah kalau di San Fransisco itu kita nggak boleh ngasih makan burung mantan pacar.  Bagi siapa saja yang nekat kekeuh sumerekeh mau ngasih makan burung di jalanan atau pinggir jalan kota siapin receh yang banyak buat bayar denda, yes.

Terus nih buat yang suka buang ludah sembarangan di sini, baiknya kebiasaan itu dipikir-pikir ulang untuk dilakukan kala berkunjung ke Singapura karena meludah itu termasuk dalam kategori tindakan yang melawan hukum di sana.

Nah, kalau di Indonesia, selain dilarang bawa ina itu ke dalam CL, kira-kira aturan apalagi gaes yang menurut kalian patut diterapin di negara kita tercinta ini? kalau saya sih kepikiran mungkin Indonesia bakalan keren kalau bisa untuk paling nggak mulai bisa untuk mempertimbangkan hal-hal seperti termaktub di bawah ini:
  1. Pacaran. Indonesia itu sudah masuk dalam kondisi rawan pacaran, dik. Nggak perlu lagi kan kakak bilang berapa banyak korban (tentu saja dalam hal ini perempuan) yang ujung-ujungnya membahayakan keselamatan atau kehidupan kita selaku makhluk Tuhan paling seksi. Nggak usah pakai pacaran, yang nggak pacaran saja sudah bisa jadi korban kekerasan, bahkan oleh orang yang dikenal. Orang-orang lingkungan terdekat. Jadi, ada baiknya untuk memutuskan pacar adik sesegera mungkin dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya untuk kemudian dilupakan atau dibawa ke pelaminan. 
  2. Berperilaku sopan di ruang publik. Di sini kakak cuma mau bilang kalau ada baiknya adik menjaga diri baik-baik ketika sedang berkegiatan di luar rumah. Berpakaianlah yang sopan, tertutup, dan gunakanlah asesoris yang sewajarnya saja. Nggak perlu pakai perhiasan berlebih apalagi kalau adik lagi jalan sendiri.
  3. Buanglah sampah pada tempatnya. Yang ini kayaknya emang klise banget ya karena buat apa ada tempat sampah kalau kita buang sampahnya malah di luar tempat sampah. Kalau memang nggak ketemu tempat sampah ada baiknya kita simpan sampah itu sebentar di dalam tas kita untuk kemudian segera dibuang begitu bertemu tempat sampah (yang kita rindukan keberadaannya itu).
  4. Ikatlah rambut saat sedang di kendaraan umum. Ini simpel banget dan sepele kedengarannya, tapi bisa jadi bumerang juga kalau kita ketemu sama orang yang paling nggak bisa kehalangan apa pun di wajahnya. Termasuk kehalangan rambut, terlebih saat umpel-umpelan di kereta. Percayalah, saya pernah dengar seorang ibu-ibu berjibaku dengan mbak-mbak gara-gara si ibu-ibu (yang rupanya disamarkan) gegara nggak terima wajahnya ditutupi oleh sibakan rambut si mbak-mbak yang mungkin nggak dia sadari kena wajah si ibu-ibu.  
  5. Jangan buang permen karet sembarangan
  6. Simpanlah asap rokok pada tempatnya
  7. Sikatlah gigi setelah makan makanan yang beraroma kuat (dan memabukkan) seperti durian, jengkol, dsb.
That's a wrap. Menurut kalian apa yang baiknya nggak kita lakukan/lakukan saat kita sedang di ruang publik? at least kita bisa memulainya dari diri sendiri, dan mungkin menularkannya pada orang lain melalui kebiasaan positif.






 

Komentar

Postingan Populer