5 Kebiasaan Buruk di Jalan

Kadang, kita membutuhkan orang lain untuk bercermin. Untuk secara langsung atau tidak langsung memberitahu kita, bahwa ada tindakan yg mungkin sengaja atau tidak sengaja kita lakukan memberikan dampak buruk bagi orang lain.

Apalagi ketika sedang di jalan, jalan raya tempat dimana kita harusnya memiliki empati pada pengendara lain, dan tentu pejalan kaki yang kian hari makin digilas haknya oleh pengendara motor (ngacung).

Pemandangan saling menyalip, serong kanan serong kiri, kebut-kebutan menjadi makanan sehari-hari. Alangkah eloknya, bila kita saling menghormati hak dan kewajiban yang lain, karena kita tak akan senang bila hak kita ditindas, kan?

Berikut 5 kebiasaan buruk pengendara di jalan :
1. Merokok
       Bagi sebagian orang, hal ini mungkin tampak sepele. Apalagi bagi sang tsk, ya :D sudah barang pasti pelaku nggak akan menyadari bahwa kebiasaannya menyulut rokok di jalan membuat orang lain kebagian asap, percikan api, abu, atau bahkan terinjak sisa rokok yang masih menyala.
       Ini membahayakan pengendara lain, lho. Apalagi sudah ada perda yang melarang merokok di area publik yang memang tampak seperti jalan di tempat.
2. Menyalip tanpa pemberitahuan
       Kebiasaan yang satu ini sering bikin saya oleng di tengah jalan yang kalau sepi, mungkin nggak gitu masalah, tapi bayangin gimana kalau kejadian pas padat merayap?
3. Belok kanan lampu sen kiri
       Kalau yang ini selain emak-emak banget (piss), nggak jarang dilakukan lelaki. Memang sih, bisa jadi kita lupa untuk matiinya, tapi bukan lantas jadi bikin kita lalai untuk ngecek sudah dimatikan atau belum.
     Kadang, abis belok kanan, terus mau belok kiri itu lampu sen yang nyala masih kanan. Ini jadi double standar banget. Haha. Jadi, make sure untuk matiin, atau pasang lampu sesuai arah kita mau belok. Dan jangan lupa, tengok kanan kiri sebelumnya. Jangan asal bablas, ya, guys.
4. Sibuk sama gadget
       Anyone? Haha. Kayaknya sih, kalau para blogger nggak mungkinlah, ya punya kelakuan macam gini meski lagi dikejar deadline nulis, lomba, dan lainnya >_< karena saya sering (pake banget) nemuin orang nunduk-nunduk pas lagi nyetir.
       Kirain ngapain kan ya, nggak tahunya main hp dong -_- yang nggak bawa kendaraan aja bahaya main hp di jalan, apalagi bawa kendaraan, kan? be wise using it, guys.
       Kalau emang urgent banget, nggak ada salahnya melipir dulu sebelum lanjut jalan lagi. Save for us, save others too.
5. Mata jelalatan
       Kalau yang ini, terkhusus buat kaum adam, ha. Haha. Secara lelaki itu, suka nggak fokus sama jalanan begitu ada yang bening-bening lewat di samping, depan, atau belakangnya.
       Please be focus on your drive, guys. Dan yang terpenting, lower your gaze. Terlebih buat yang jomblo :D

Ada kebiasaan buruk lain nggak yang kalian temuin di jalan? Di sharing dong  biar bisa jadi pembelajaran kita semua.
 

Komentar

  1. jelalatan nya harus aku perluas. kadang kalo ada kejadian di jalan sambil bawa kendaraan mata kita ngeliatin kejadian tersebut tapi malah ngga fokus sama kiri kanan depan belakangnya. sering banget lihat yang kaya gitu

    BalasHapus
  2. Iya, mas. Kadang malah sampai bikin macet, ya.

    BalasHapus
  3. Satu lagi... Ngasih tanda belok bukannya pakai lampu sein.. Tapi pakai kaki.. Repot kan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, itu juga mas. Kadang malah 22nya gitu diturunin entah dg maksud dan tujuan apa.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer