Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest 2016

Salah satu alasan mengapa saya mendaftar pada event Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest (IWIC) adalah karena ini sesuatu yang baru buat saya. Padahal tahun ini sudah masuk tahun ke-10 penyelenggaraannya, lho. Haha. Very kudet memang saya. Biarlah.

Buat yang belum tersentuh informasi mengenai ini juga, dan mungkin tertarik untuk berpartisipasi tahun depan, ajang ini dibuat Indosat sebagai wadah bagi para technopreneur muda untuk menyalurkan aspirasi dan ide-ide kreatif mereka dalam membuat aplikasi teknologi mobile yang memiliki potensi untuk menjadi solusi-solusi baru bagi kepentingan hidup orang banyak.

Jika di IWIC 9 ada kategori lomba baru, diselenggarakannya pelatihan bagi para nominator, dan  beasiswa yang ditujukan bagi para pemenang ajang ini untuk belajar di Founders Institute, di IWIC 10 kita bisa menemukan kategori baru lain, yaitu special category for women & girls. Yeah. Isn't it sounds cool?

Kategori ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah perempuan yang terhubung dengan internet agar kualitas kehidupannya dapat meningkat. Selain kategori di atas, kita juga bisa menemukan disabled category (yang dihadirkan untuk mereka yang berkebutuhan khusus), kids, teens, university student and public serta developer category yang dapat diikuti peserta dari berbagai jenjang usia.

IWIC 10 yang mengusung tema Change the World, selain dihadiri Alexander Rusli juga dihadiri oleh Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika yang memberi sambutan di awal acara yang berlangsung di gedung Indosat di Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat (21/4), Kamis kemarin.

"Harapan saya, generasi muda saat lulus bukan mencari kerja, tapi jadi pemberi kerja. Karena memberi kerja itu nilainya lebih barokah ketimbang cari kerja," ujar Rudi.

Di acara ini juga, Indosat mengungkapkan keinginannya untuk Go Global seperti yang diungkapkan Alexander Rusli. "Melalui IWC, Indosat Ooredoo ingin mengajak pemuda Indonesia, dan bahkan pemuda di negara lainnya untuk menciptakan ide dan aplikasi agar Indonesia dan dunia menjadi lebih baik," tutur Presiden Director dan CEO Indosat Ooredoo pada tamu undangan yang memenuhi lantai 2 gedung Indosat.

Saya sih belum berencana ikut, setidaknya dalam waktu dekat. Tapi, ajang-ajang seperti ini patut mendapat apresiasi karena mengajak para pemuda tidak hanya semata-mata menjadi pengguna teknologi, tetapi juga mampu memanfaatkannya.

Sudah sejauh mana kamu memanfaatkan teknologi, gaes? 

Komentar

Postingan Populer