Bukan Sekadar Tontonan


jujur, sebetulnya sudah lama saya nggak nonton tv. nyetel tv, megangin remote erat-erat karena takut direbut yang lain, terus ngejogrok sampai tvnya semutan. dulu sih sempat begitu. dulu, dulu banget. waktu jaman muda. sekarang tetap muda, kok secara jiwa dan semangat. haha. well, buat saya yang nggak gitu suka nonton tv, terlebih beberapa waktu belakang, artinya cuma dua buat saya pribadi either acara tvnya yang nggak berbobot atau memang nggak ada sama sekali tayangan tv yang layak untuk dikonsumsi.

siapa sih yang nggak tahu kalau pagi buta, waktu matahari belum lagi duduk di singgasananya, emak-emak yang mengabdikan dirinya di rumah sudah disuguhi tayangan infotainment yang katanya no gosip, tapi isinya lebih banyak menceritakan masalah rumah tangga artis, publik figur, atau semacamnya. buat saya ini ganggu banget.

saya masih bisa menghargai kalau tv menyorot kehidupan publik figur yang sukses dengan karyanya. banyak sebenarnya yang bisa disaijkan tv-tv lokal, narasumber-narasumber berisi yang kalau mereka mau memenuhi tugas dan tanggung jawab media untuk mengedukasi penonton. bukan cuma sekadar menyajikan apa yang mereka sebut diminati penonton atau demand yang tinggi, tapi juga menjadi jembatan pemilah tayangan yang baik untuk dikonsumsi atau tidak bagi pemirsa setianya.

di acara launching program baru net tv kemarin di Cafe Ling-Ling di gedung The East yang dipandu Caesar Gunawan, saya meng-apreciate usaha net tv menghadirkan program baru yang bukan hanya menghibur, tapi juga mengedukasi. walau ke depannya, program-program ini harus tetap dievaluasi apakah sudah berjalan sesuai dengan misi penyiaran tv yang siarannya bisa diakses melalui berbagai platform ini (saluran tv free to air, youtube, aplikasi IOS dan android).

ada program baru yang beberapa diantaranya sudah tayang namun baru dirilis hari ini. satu diantaranya sudah pernah saya lihat sendiri, yaitu kelas internasional.  saya senang dengan karakter pak budi yang suka kehabisan kata-kata saat berhadapan murid-murid expatriatnya. haha. menjiwai banget kayaknya di peran ini. great job, tara.

Kelas Internasional   

para pemain kelas internasional bersama staf produksi net tv
menurut salah satu pemainnya, tara budiman (pak budi), program sitkom yang baru tayang tiga bulan ini mendapat respon yang cukup baik dari masyarakat. tara cukup optimis tayangan yang ia sebut berkelas ini akan mendapat tempat spesial di hati masyarakat.

muhammad iksan, selaku kepala departemen produksi membuka salah satu alasan mengapa mereka membuat tayangan ini. "Waktu itu ada  expatriat yang tanya toilet di mana, dan waktu dijawab arah kiri, dia menyangka yang disebutkan harakiri." ucapan pria berkacamata ini pun langsung disambut tawa media dan blogger yang hadir pada siang itu. alasan lainnya, net tv ingin menunjukkan bagaimana dinamika orang asing mempelajari bahasa indonesia, bahasa yang bukan bahasa ibu mereka.

muhammad iksan (kepada dept produksi net tv)
 
Patriot

baru disebutkan list pemainnya, suasana Cafe sudah riuh membahana. haha. seorang teman kantor dulu, bahkan meminta saya mewawancara seorang diantaranya yang memiliki postur bak atlet binaragawan. program yang sudah tayang tanggal 30 agustus ini menampilkan sisi humanis para anggota TNI pasukan khusus. dituturkan oleh iksan, ceritanya terinspirasi dari kisah nyata prajurit dengan segala suka dukanya dalam menjalani profesi sebagai garda depan negara. 

iksan mengharapkan, penonton dapat melihat sisi lain dari kehidupan tentara yang selama ini identik dengan sosok yang keras dan lain sebagainya. biar bagaimana pun, prajurit juga manusia, sama seperti makhluk ciptaan Alloh yang lainnya.

cast patriot


drama seri sebanyak 7 episode ini tayang hari minggu mulai jam 21.30. buat yang suka rizky hanggono (seperti saya aheum), winky wiryawan pasti nggak akan melewatkan tayangan yang membangkitkan jiwa patriotisme yang mulai kandas digerus jaman. 
 
Enigma 

drama ini cocok buat mereka yang suka cerita-cerita detektif yang penuh misteri dan intrik. kalau di luar, macam csi atau x-files gitu. pihak net berharap, teka teki yang disajikan di drama ini dapat membuat pemirsa terus bertanya, dan berpikir untuk menemukan apa yang sebetulnya terjadi. 

saya sih sudah membayangkan akan menonton kisah-kisah mistery crime yang bikin saya susah pergi dari tempat duduk. haha. mari berharap ekspektasi ini bisa dipenuhi oleh program teranyar net tv yang tayang sabtu-minggu ini.   

staf produksi enigma minus cast yang akan tayang Oktober nanti


The Remix

awalnya, saya kira program ini semacam kompetisi mencari idol-idolan macam yang sudah-sudah. ternyata, program ini sebuah kompetisi, wadah yang dibuat bagi para penyanyi dan remixer/DJ untuk menyalurkan bakatnya. 

dari Evan Virgan, saya baru tahu kalau DJ ternyata juga disebut sebagai musisi. selama ini sih saya tahunya DJ sekadar hobi, bukan profesi yang digeluti secara profesional. haha. dangkal banget ya, pengetahuan saya. 

di the remix ini, nantinya para musisi yang terpilih akan me-remix lagu-lagu mulai dari the mainstream one, sampai lagu daerah yang semangatnya bisa mengenalkan kepada khalayak luas akan kekayaan lagu-lagu yang dimiliki bangsa Indonesia. 

menurut mei chan, salah satu musisi yang akan tampil di the remix bersama sandy canester dan lainnya kepada blogger dan media, house music merupakan jenis musik nomor wahid di dunia saat ini. mei chan merasa bersyukur, net tv memberikan tempat bagi jenis electronic music ini melalui program the remix yang tayang sabtu minggu. 

mahesa, evan, sandy, mei chan bersama staf produksi the remix (ka-ki)


dengan begitu banyaknya program tayangan yang ada, tinggal kita sebagai penonton yang bijak menentukan yang mana yang layak untuk dijadikan tontonan. bukan hanya sekadar tontonan, tapi juga bisa menjadi tuntunan dalam berkehidupan yang baik. keep up the good work, net. dan, saya suka sekali program sarah sechan di net, lho. it's really inspiring.    

di akhir acara, bukan blogger namanya kalau nggak bikin trending topik :D hastag be net be positive berhasil jadi tt hari itu, dan membuat 3 orang blogger kenamaan sukses memboyong hadiah ke rumah. selamat buat mas alfon, mas kris, dan mbak dewi *yeay*

the winner

blogger rocks





 

Komentar

  1. Setiap ngeliat iklan Patriot, selalu bilang "wah... bagus ini, nonton ah!" Tapi kenyataannya selalu kelewatan nontonnya gara-gara keasikan nonton pertandingan sepak bola 😅

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer